Trik Desain Tangga Rumah Minimalis dan Elegan

Artikel kali ini akan membahas tentang “Trik Desain Tangga Rumah Minimalis, dan Elegan“.

Saat ini desain rumah minimalis banyak digemari karena tampilannya yang rapi, bersih, dan memiliki nilai estetika.

Biasanya rumah minimalis terdiri dari dua lantai, dan untuk menghubungkan setiap lantai, maka anda membutuhkan sebuah tangga.

Supaya desain tangga bisa terlihat serasi dengan rumah minimalis yang anda miliki, berikut merupakan trik desain tangga rumah minimalis, dan elegan yang bisa anda coba :



 

Variasikan Lebar Tangga

Tidak ada salahnya untuk mencoba trik kreatif yang satu ini.

Biasanya kebanyakan tangga yang sering dijumpai memiliki lebar yang sama pada setiap anak tangganya.

Namun anda juga bisa mempertimbangkan membuat tangga dengan lebar bervariasi dan terintegrasi pada area mezzanine supaya menghasilkan pola yang menarik.

Tidak hanya itu saja, untuk anda yang memiliki ruangan yang sempit dan ingin sekali dijadikan sebagai area tangga, maka anda bisa membuat tangga dengan pola yang unik secara vertikal.

Tentunya desain tangga minimalis seperti ini bisa menghemat luas area yang dipakai.

 

Tangga Split / Penguin

Tangga dengan model split / penguin merupakan desain anak tangganya berselang-seling yang dirancang agar dapat menonjolkan kesatuan fungsional, bentuk, dan struktur yang sempurna.

Jika dilihat secara fungsionalitas, maka desain tangga seperti ini akan menambah rasa aman, nyaman, dan pastinya hemat ruang.

Sedangkan bentuk geometri yang terdapat pada anak tangga tentunya akan membuat struktur terpasang dengan aman.

Anda pun dapat menerapkan desain tangga yang satu ini dengan cara menambahkan handrail yang digunakan sebagai pengaman tambahan.

 

Berkreasi dengan railing

Untuk anda yang merasa tidak aman karena tidak menggunakan pagar pembatas, maka railing tangga ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk rumah minimalis anda.

Walaupun sangat mengutamakan keamanan, namun nilai estetika yang diperoleh dari railing tidak boleh dilupakan begitu saja.

desain railing tangga unik

Material yang bisa anda gunakan sebagai railing tangga adalah tiang besi, teralis, tali, dan kaca.

Yang paling penting adalah apapun jenis material railing tangga minimalis yang nantinya digunakan, pastikan bahwa tidak terdapat ruang di sekitar samping anak tangga.

Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi bahaya terjepit antara railing dan tangga.

 

Pasang dinding parapet

Jika menggunakan railing tangga masih belum cukup dan anda ingin keamanan maksimal, maka anda bisa mencoba menggunakan dinding pembatas atau parapet pada tangga rumah minimalis.

Parapet merupakan penghalang atau pembatas yang berupa dinding.

Dinding parapet biasanya digunakan pada bangunan gedung, jalan raya, atap, dan struktur lainnya.

Jika anda menggunakannya untuk tangga minimalis, maka anda dapat membuat dengan desain khusus atau ornamen dengan tambahan yang unik supaya area tangga bisa terlihat lebih menarik.

Selain itu pembuatan desain parapet ini dilakukan supaya ruang tangga tidak terlihat sempit.

 

Membuat pembatas semi tertutup

Apabila menurut anda penggunaan railing minimalis kurang aman, sedangkan penggunaan dinding parapet atau pembatas akan memberikan kesan yang terlalu tertutup.

Berarti anda membutuhkan pilihan lain, yakni anda bisa memilih untuk menggunakan dinding pembatas semi tertutup.

Dengan menggunakan dinding pembatas ini, maka tangga bisa menonjolkan estetikanya namun tetap mempertahankan keselamatan.

Selain itu, gunakan parapet yang berbahan kayu atau material lainnya, salah satunya baja dekoratif yang memiliki pola unik dan menarik.

 

Anak tangga dengan desain ilusi gantung

Sesuai dengan namanya, tentunya desain anak tangga ini akan menciptakan efek mengambang.



Jika anda tertarik, maka tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan model tangga ini di rumah minimalis yang anda tempati.

Salah satu desain tangga yang memiliki ilusi menggantung yang menciptakan efek mengambang dengan sentuhan modern adalah ribbon staircase.

contoh ribbon staircase

Tentunya setiap tapak akan memberikan efek pita berlipat-lipat yang membentuk anak tangga untuk menuju ke lantai atas.

Walaupun terlihat rapuh, namun tangga dengan desain ilusi gantung ini terikat dengan deretan kabel baja penggantung tipis namun kokoh.

 

Menambahkan smart storage

Untuk anda yang memiliki rumah minimalis bertingkat namun areanya tidak terlalu luas, tentunya anda perlu memaksimalkan ruang yang ada untuk memenuhi kebutuhan anda, dengan cara menambahkan smart storage pada area tangga.

Tentunya trik desain tangga ini menggabungkan segi fungsional dan estetik, dengan begitu terciptalah smart storage pada anak tangga.

Anda pun dapat menambahkan rak buku ataupun laci penyimpanan barang.

 

Kekayaan material

Supaya menambahkan kesan yang menarik, maka tidak ada salahnya untuk memilih desain tangga rumah yang tidak lazim.

Tentunya anak tangga bisa di desain dengan menggunakan papan horizontal dari berbagai bahan.

desain tangga unik

Beberapa bahan yang akan menambah kesan menarik dan unik di rumah minimalis anda seperti balok kayu yang dapat melengkapi gaya rustic, hingga memilih menggunakan tangga beton untuk anda yang ingin tampilan kontemporer yang tidak biasa.

Demikianlah beberapa trik desain tangga rumah minimalis untuk anda yang masih kebingungan dalam menetapkan desain tangga yang bagus pada rumah minimalis.

Semoga bermanfaat bagi anda.


Leave a Reply