Beragam Desain Rumah dengan Pagar Tanaman, Bikin Rumah Sejuk dan Cantik

Beragam ide menerapkan tanaman sebagai bahan desain rumah dengan pagar tanaman.

RH Desain Rumah – Bukan suatu hal yang asing lagi bahwa sebuah rumah memiliki pagar yang bertujuan untuk memenuhi aspek keamanan dan kadang juga keindahan.

Maka dari itu, tidak heran bila terdapat banyak sekali hal yang dapat dijadikan bahan pembuatan pagar, dari material mati hingga tanaman hidup.



Nah, berbicara soal pagar dengan tanaman hidup, kami telah mengumpulkan beberapa gambar yang dapat memberi Anda gambaran bagaiman sebuah tanaman dapat menjadi pagar yang indah.

Bila Anda berminat untuk menerapkannya, berikut ini terdapat contoh desain rumah dengan pagar tanaman yang dapat Anda jadikan referensi.

 

Berbagai Desain Rumah dengan Pagar Tanaman

Bangun Pagar Hidup dengan Tanaman Spirea yang Indah

Desain rumah dengan pagar tanaman Spirea

Bila Anda mengira bahwa ini adalah gambar pagar tanaman yang tertimpa sedikit salju, tentu Anda salah.

Tanaman ini bernama Spirea, yaitu tanaman yang dapat tumbuh tinggi hingga 2,5 meter dan membuatnya tidak jarang dijadikan bahan pembuatan pagar hidup.

Membuat pagar hidup dengan tanaman Spirea merupakan pilihan yang tepat karena tanaman ini memiliki bunga berwarna putih atau pink dan memiliki daun yang halus serta dapat berguguran.

Untuk dapat sukses memiliki pagar tanaman dari tumbuhan ini, Anda perlu memiliki lokasi yang subur, lembab dan mempunyai aliran air yang lancar untuk penyiramannya.

 

Manfaatkan Bambu Jepang untuk Memperindah Halaman Rumah Anda

Desain Rumah dengan Pagar Tanaman Bambu Jepang

Bambu merupakan tanaman yang tidak jarang ikut campur dalam kegiatan konstruksi, terbukti dengan seringnya kita melihat batang-batangnya berdiri kokoh di beragam pembangunan seperti rumah tinggal.

Nah, ada bambu yang sangat indah dan cantik untuk dapat Anda manfaatkan sebagai pagar hidup, yaitu bambu Jepang.

Warnanya hijau layaknya bambu pada umumnya namun memiliki batang yang lebih kecil daripada bambu yang sering kita jumpai.

Di Indonesia, tanaman bambu Jepang yang masih muda identik dengan tanaman hias dan kini Anda bisa menatanya dan menjadi pagar hidup di halaman Anda.

 

Buat Halaman Rumah Anda Tampil Indah dengan Pohon Juniper

Desain rumah dengan pagar tanaman Juniper

Pohon ini sekilas memang tampak seperti pohon Cemara, bentuknya yang mengerucut ke atas dan memiliki karakter bentuk yang tinggi.

Namun, tahukan Anda naman pohon ini? Ini adalah pohon Juniper, jenis pohon yang daya tumbuhnya cukup cepat dan bila dibiarkan dapat tampil seperti semak-semak.

Dedaunannya yang rimbun membuat tananamn ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan pagar hidup di halaman rumah Anda.

Dan karena dapat tumbuh dengan rimbun, Anda memiliki kesempatan untuk membentuknya sesuai selera Anda hingga halaman Anda tampil lebih indah.

 

Manfaatkan Tanaman Teh-tehan untuk Memagari Halaman Rumah Anda

Seperti namanya, tanaman Teh-tehan ini sekilas memang seperti tanaman Teh yang daunnya dimanfaatkan untuk membuat minuman kesukaan banyak orang.

Dan bisa jadi, bagi Anda yang tinggal di pinggir kota, Anda tidak asing melihat tanaman ini tumbuh mengelilingi sebuah rumah.

Memang, karakter tanaman Teh-tehan ini paling cocok untuk menjadi bahan pembuatan pagar tanaman karena berbentuk rapat dan memang dapat mencegah seseorang masuk sembarangan dengan mudah.

Dan juga, karena kerapatan itu jugalah, tanaman dengan nama Latin Acalypha siamensisĀ ini mampu menghalau pandangan dari luar sehingga memenuhi aspek privasi.

 



Keindahan dari India dalam Bentuk Pagar Hidup

Kemungkinan besar Anda tidak asing dengan tanaman dari India ini, biasaya anak kecil zaman dahulu suka memetik bunganya dan mengambil sari-sari di tengah bunga tersebut.

Ya, siapa sangka bahwa bunga tersebut dapat Anda jadikan sebagai pagar hidup yang indah.

Warna merahnya dapat membuat pagar tanaman Anda tampak lebih indah dan sekaligus pada malam hari bunganya dapat mengeluarkan bau yang harum.

Tanaman Asoka atau Soka ini masuk dalam golongan Tanaman Perdu karena hanya tumbuh kurang dari 6 meter saja.

 

Hias Pagar Rumah Anda dengan Bunga Bougenville

Anda dapat membawa kesan cerah dan warna-warni pada halaman Anda dengan menggunakan tanaman Biugenville sebagai pagar tanaman Anda.

Meskipun Tanaman Bougenville lebih sering dikenal sebagai tanaman dengan bunga warna Ungu, namun rupanya ia memiliki warna lainnya, seperti putih, biru, oranye, kuning hingga merah muda.

Bunga Bougenville ini sudah banyak dikenal di Indonesia dengan istilah bunga Kertas, hal tersebut merujuk ke karakter kelopaknya yang cenderung tipis.

Tanaman ini dapat tumbuh secara lebat dan penuh dengan warna sehingga Anda bisa memilihnya sebagai alternatif ketika Anda bosan dengan warna hijau yang sudah sangat umum.

 

Susun Batako dan Tanami dengan Tanaman Mini

Satu alternatif lain bila Anda ingin pagar Anda tampil warna-warni alami adalah dengan menyusun beragam tanaman hias berukuran mini ke dalam susunan batako.

Variasi semacam ini sangat indah diterapkan karena akan melibatkan banyak tanaman dan bunga dengan beragam warna-warni.

Perawatannya juga cenderung lebih mudah karena Anda hanya perlu menyiraminya secukupnya.

Selain itu, bahan batako juga cenderung mudah untuk ditemukan, Anda dapat memperolehnya di banyak toko bangunan.

 

Penutup

Sekian artikel kami tentang desain rumah dengan pagar tanaman. Nantikan artikel kami selanjutnya.

 


Leave a Reply